Profil

Profil BPH Universitas Muhammadiyah Palangka Raya

Muhammadiyah lahir sebagai gerakan sosial keagamaan, dalam mengembangkan amal usahanya di bidang pendidikan mengacu pada model dan teknologi modern.

       Ciri pendekatan teknologi telah memberi warna tersendiri dalam berbagai aktifitas persyarikatan Muhammadiyah baik yang  besifat keagamaan, sosial maupun kemasyarakatan.

       Dengan pendekatan teknologi dimaksud, timbul istilah Muhammadiyah sebagai gerakan pembaharuan, pencerahan dan sebagainya. Utamanya dalam gerakan pengamalan agama Islam melalui kegiatan dibidang pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

       Pada bidang pendidikan, Muhammdiyah berkontribusi dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki moral/akhlakul kharimah.Sampai dengan saat ini (tahun 2014) kontribusi di bidang pendidikan(perguruan tinggi) tercatat 156 Perguruan tinggi yang tersebar diseluruh Republik Indonesia, termasuk di Palangka Raya (Universitas Muhammadiyah Palangka Raya), selanjutnya disebut UMPalangkaraya..

       Merujuk pada Rencana Strategis (RENSTRA) dan Rencana Operasional UMPalangkaraya, pada intinya UM Palangkaraya kedepan menciptakan (GREEN ISLAMIC CAMPUS), kemudian dijabarkan dengan Rencana Operasional yang diaplikasikan dalam bentuk RAPBU(Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Universitas).Sebagai Badan Pembina Harian UM Palangkaraya ( BPH UMP) mempunyai kewajiban mengarahkan dan membina agar rencana dimaksud tetap berjalan sesuai ketentuan yang berlaku dilingkungan UM Palangkaraya.

Merujuk pada Rencana Strategis(RENSTRA) dan Rencana Operasional UM Palangkaraya, pada intinya UM Palangkaraya kedepan menciptakan (GREEN ISLAMIC CAMPUS), kemudian dijabarkan dengan Rencana Operasional yang diaplikasikan dalam bentuk RAPBU (Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Universitas). Sebagai Badan Pembina Harian UM Palangkaraya ( BPH UMP) mempunyai kewajiban mengarahkan dan membina agar rencana dimaksud tetap berjalan sesuai ketentuan yang berlaku dilingkungan UM Palangkaraya.

      Hal ini sesuai amanat yang diberikan oleh Pimpinan Pusat  Muhammadiyah tentang ketentuan Badan Pembina Harian (BPH). Ketentuan Majelis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat Muhammadiyah No.178/Ket/I.3/D/2012 tentang Penjabaran Pedoman Pimpinan Pusat No: 02/PED/I.0/B/2012 tentang Perguruan Tinggi Muhammadiyah,antara lain yang berkaitan dengan BPH pada intinya  mempunyai tugas pokok antara lain :

 

  1. Badan Pembina Harian adalah badan yang dibentuk oleh dan bertanggung jawab kepada Pimpinan Pusat untuk melaksanakan tugas memberi arah dan pertimbangan kepada Pimpinan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dalam Pengelolaan PTM.
  2. Memberikan pertimbangan kepada rektor dalam aspek Al Islam dan Kemuhammadiyahan untuk bakal calon wakil dekan.
  3. Memberikan pertimbangan kepada rektor dalam aspek Al Islam dan Kemuhammadiyahan untuk bakal calon sekretaris program studi Pasca sarjana.
  4. Memberikan pertimbangan kepada rektor dalam aspek Al Islam dan Kemuhammadiyahan untuk bakal calon Ketua Program studi